Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memulai Usaha Baru Bagi Pemula

Cara memulai usaha baru bagi pemula terkadang sangat membingungkan, karena tak tau hendak memulai usaha apa, dan juga penuh rasa khawatir apakah usaha yang di pilih tersebut bakalan sukses atau malah gagal total. 

Karena memang sebagai pemula yang belum punya banyak pengalaman, masih belum mengerti bagaimana cara memulai usaha baru agar sukses dan bisa menjadi pendongkrak ekonomi keluarga. 

Untuk itulah pada artikel kali ini saya ingin berbagi cara memulai usaha baru bagi pemula, semoga bisa menjadi inspirasi bagi sahabat dan menghilangkan keraguan untuk segera membangun  bisnis. 

Cara Memulai Usaha Baru Bagi Pemula



1. Mulai Dari Usaha Modal Kecil

Sebagai pemula, tidak usah memaksakan diri untuk memulai usaha dengan modal yang cukup besar, karena usaha dengan modal yang besar tidak menjamin kesuksesan suatu usaha. Jika yang mengelola usahanya belum berpengalaman dan masih minim skill dan pengetahuan. 

Sebaliknya, cukup banyak para pengusaha pemula yang justru sukses dari merintis usaha kecil hingga menjadi besar, karena dia kelola dengan baik dan benar sesuai dengan bidang yang dia kuasai. 

Selain itu, merintis usaha dari modal kecil juga akan meminimalisir kerugian usaha yang cukup besar yang bisa berakibat kepada rasa "jera" hendak membangun bisnis kembali. 

2. Pilih Bidang Usaha Yang Sesuai Hobi


Memilih usaha yang sesuai dengan hobi sahabat, akan membantu sahabat lebih antusias dalam menjalankan usaha,  meskipun mungkin nanti di awal awal akan mengalami banyak kendala. 

Membangun usaha sesuai hobi juga akan lebih maksimal hasilnya karena biasanya sahabat sudah mengerti seluk beluk tentang bidang usaha tersebut. 

Untuk itu, jika misalnya sahabat hobi memancing, maka sahabat bisa membuka usaha toko pancing, atau kolam pemandangan. Jika sahabat hobi olah raga, maka bisa mulai jualan baju olah raga dan lain sebagainya, tinggal sahabat sesuaikan saja dengan hobinya. 

3. Kuasai Bidang Yang Di pilih


Selanjutnya cara memulai usaha baru bagi pemula agar sukses adalah, wajib menguasai bidang usaha yang di pilih. Agar bisa mengerti dimana kelebihan dan kekurangan dari bidang yang sahabat pilih tersebut. 

Untuk itu jangan buru buru untuk memulai usaha, kalau sahabat belum menguasai bidang usaha tersebut. Lebih baik sahabat pelajari, ataupun jadi karyawan saja lebih dahulu di salah satu usaha yang menjadi target bisnis sahabat, agar sahabat bisa belajar seluk belum bisnis tersebut di sana. 

Setelah itu, baru nanti sahabat lanjutkan dengan membuka usaha sendiri setelah sahabat benar benar menjadi ahli di bidangnya

4. Lakukan Differensiasi 


Yang saya maksud differentsiasi disini adalah, dalam membangun usaha sahabat harus bisa tampil beda dari pesaing pesaing yang ada. 

Artinya sahabat jangan hanya sekedar ikut-ikutan, melainkan harus bisa membangun bisnis baru yang lebih berkualitas secara produk, pelayanan, dan juga tempat usaha, agar bisa memberikan kesan yang beda terhadap pelanggan. 

Jika sahabat, bisa melakukan ini, saya yakin sahabat bisa sukses dalam membangun usaha baru 

5. Sabar Dan Tekun


Kesabaran dan ketekunan juga sangat di perlukan dalam membangun sebuah bisnis, karena dalam suatu bisnis pasti mengalami suatu masalah yang sangat menguji kesabaran dan juga mental si pengusaha tersebut. 

Untuk itu, sahabat harus siap untuk sabar dan tekun sebelum memutuskan untuk membangun sebuah bisnis, agar semua bisa berjalan sesuai dengan yang di rencanakan. 

6.Evaluasi


Setelah semua sudah dilakukan, sangat penting dilakukan evaluasi, agar sahabat bisa mengetahui apakah yang selama ini sudah di lakukan benar benar efektif atau tidak dalam mengembangkan usaha yang sahabat bangun. 

Dengan evaluasi ini juga, sahabat bisa mengerti, kekurangan kekurangan yang ada, agar bisa di perbaiki, sehingga bisa menjadi lebih baik kedepannya. 

7. Manajemen Keuangan Usaha Yang Baik 


Yang terakhir, untuk memulai usaha baru yang sukses, sahabat harus memiliki manajemen keuangan usaha yang baik, agar keuangan usaha bisa terus berkembang seiring dengan perkembangan laba. 

Jangan sampai, laba bertumbuh, tapi keuangan usaha justru makin berkurang, akibat manajemen usaha yang tidak baik. 

Ini sangat penting, karena apapun usahanya, tanpa manajemen keuangan usaha yang baik, akan sangat sulit buat sukses.