Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana Yang Bisa Anda Tiru

Contoh bisnis plan makanan sederhana ini, sangat cocok buat sahabat yang ingin memulai bisnis kuliner, tapi masih bingung bagaimana menyusun rencana bisnis yang tepat, agar semua bisa terkonsep dan berjalan sesuai rencana.

Karena dengan adanya contoh bisnis plan makanan sederhana ini, akan sangat membantu bagaimana menyusun bisnis plan yang tepat, yang bisa di sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasar.

Di Contoh bisnis plan makanan sederhana ini juga akan saya coba berikan selengkap mungkin, hal apa saja yang harus tertulis dan terkonsep di rencana bisnis kuliner sahabat, sehingga nanti tinggal menjalankan semua yang sudah di rencanakan tersebut.

Jadi Mari kita simak saja :

Contoh Bisnis Plan Makanan Sederhana

contoh bisnis plan makanan sederhana

1. Profil Usaha

Didalam menyusun bisnis plan makanan ataupun usaha lainnya, di point utama yang harus sahabat jabarkan adalah profil usaha milik sahabat yang meliputi :

Nama usaha : Misalnya Roti Milenial
Bentuk Usaha : Usaha rumahan
Jenis Usaha : Cemilan / Makanan Ringan
Alamat Perusahaan : Jakarta

2. Visi Dan Misi Didirikannya Bisnis Makanan Ini

Di point kedua, sahabat harus bisa menjabarkan secara detail, apa yang menjadi visi dan misi didirikannya bisnis makanan milik sahabat. Misalnya sahabat ingin mendirikan usaha pembuatan roti rumahan.

Maka visi bisnis sahabat yang tepat adalah : Membuat roti yang enak namun tetap mengutamakan kesehatan dan kehiginesan serta harga yang merakyat.

Misinya : Membangkitkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak sekedar enak saja.

3. Deskripsi Produk

Selanjutnya di point ketiga sahabat harus bisa mendeskripsikan secara lengkap tentang produk yang sahabat buat.

Misalnya : Roti Milineial merupakan roti yang diolah dari gandum utuh yang di padukan dengan coklat pilihan dan juga keju khusus yang di olah dari peternakan langsung sehingga lebih sehat dan lezat.

Roti milenial juga merupakan roti yang dikemas secara modern sehingga lebih terjaga kehigenisan dan kesehatannya serta bisa lebih tahan lama.

4. Keunggulan Produk

Tuliskan juga apa yang menjadi keunggulan dari produk yang akan sahabat jual di bandingkan dengan produk-produk sejenis yang sudah ada. Ini untuk membantu sahabat memahami tentang keunggulan produk sahabat dan berusaha mengalahkan pesaing yang ada.

Contohnya :
  • Roti milinial ini dibuat dari bahan gandum utuh yang di olah sendiri langsung dari petani
  • Roti milenial juga menggunakan coklat, keju dan toping yang juga berasal dari petani sehingga lebih fresh dan lezat
  • Roti milenial di kemas dengan menggunakan mesin modern yang sudah terjaga kehigenisannya
Pokonya sahabat bisa tuliskan dengan jelas apa yang menjadi keunggulan produk sahabat tersebut.

5. Target Pemasaran Produk

Didalam bisnis plan makanan sederhana juga harus sahabat deskripsikan secara jelas tentang target pemasan utama dari produk sahabat.

Misalnya target pemasaran roti milenial adalah wanita dan pria di rentan usia 20 s/d 45 tahun, terutama kalangan pegawai negri, pekerja kantoran dan juga mahasiswa.

Semakin spesifik target pemasannya makan semakin bagus, karena akan semakin sedikit juga persaingannya nantinya.

6. Cara Pemasaran Produk

Didalam bisnis plan makanan juga harus sahabat cantumkan bagaimana cara pemasaran produk yang sahabat hasilkan tersebut.

Misalnya cara pemasarnya akan lebih mengutamakan pemasaran secara online melalui media online seperti instagram ataupun youtube, dengan menggandeng para youtuber dan juga selebgram yang sudah cukup terkenal di daerah, agar produk lebih dikenal dan cepat laris.

Apapun cara pemasaran produk yang ingin sahabat lakukan, catat dan tuangkan dalam bisnis plan, agar bisa jadi pedoman kerja nanitnya.

7. Potensi Keuntungan

Didalam bisnis plan usaha makanan juga sudah harus tertulis potensi keuntungan dari produk yang akan sahabat buat.

Misalnya : Dalam satu kali produksi roti milenial membutuhkan biaya sebesar 5 juta rupiah untuk menghasilkan sebesar 50 pcs roti milenial, dimana dalam satu kali produksi tersebut di perkirakan akan menghasilkan penghasilan kotor sebesar 10 juta rupiah, dan keuntungan bersih sebesar 3 juta rupiah.

Kesimpulan :

Bisnis plan ini berfungsi sebagai pedoman dalam menjankan bisnis, agar semua bisa berjalan teristem sesuai dengan yang sudah di rencakan di bisnis plan, sehingga lebih mudah untuk dilaksanakan oleh setiap yang terlibat di dalam bisnis milik sahabat.