Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Peluang Usaha Kuliner Makanan Tradisional yang Menarik dan Lezat

Peluang usaha kuliner makanan tradisional banyak dilirik oleh pengusaha kuliner. Kuliner tradisional memiliki daya tarik tersendiri. Hal yang paling penting diperhatikan dalam berbisnis kuliner adalah menyesuaikan menu makanan dengan selera target pasar. Usaha kuliner Anda akan sia-sia apabila makanan tradisional tersebut sepi peminat.

Peluang Usaha Kuliner Makanan Tradisional

Strategi pemasaran yang baik dan benar memang paling ampuh untuk menarik minat pelanggan. Banyak konsumen yang berminat dengan produk yang memenuhi selera dan kebutuhan pasar. Makanan khas daerah merupakan salah satu ide peluang usaha brilian. Anda dapat memodifikasi makanan tradisional dengan cita rasa modern atau tetap menjaga orisinalitas hidangannya.

Ide Usaha Kuliner Makanan Tradisional

1.Serabi

Serabi merupakan makanan asal Jawa Barat dan lumayan dikenal hampir di seluruh Pulau Jawa. Serabi merupakan kue yang berbentuk bulat pipih dan memiliki por-pori pada permukaannya. Serabi terbuat dari tepung beras atau tepung gandum, santan, dan bahan-bahan lainnya.

Membuat serabi dengan cara tradisional yaitu serabi disajikan dengan campuran antara gula jawa dan santan. Namun, Anda dapat memodifikasi serabi menggunakan varian rasa kekinian, seperti rasa keju, coklat, pandan, dan rasa lainnya.

2.Pempek

Makanan tradisional pempek memang sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia, namun Anda bisa mencoba pempek apabila tidak ada kompetitor di area sekitar Anda. Pempek merupakan makanan asli Palembang, pempek ini terbuat dari bahan dasar daging ikan berlapis tepung, dan bahan-bahan lainnya. Keistimewaan pempek terletak pada kombinasi rasa cukonya.

3.Gado-gado

Salah satu makanan tradisional yang berbahan utama sayur-sayuran yaitu gado-gado. Gado-gado merupakan makanan khas Jakarta. Resep gado-gado pun sangat sederhana, yakni campuran sayuran seperti kentang, wortel kubis, Kol, selada, Kacang panjang, dan sayuran lainnya yang dicampur dengan dengan siraman bumbu kacang di atasnya.

Peluang usaha ini cukup menjanjikan karena banyak orang yang lebih memilih makanan sehat sebagai menu diet. Modal yang digunakan untuk usaha ini sangat terjangkau, sehingga anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

4.Batagor

Batagor merupakan makanan khas Jawa Barat yang bisa menjadi pilihan menu cemilan atau makanan utama. Menu bakso tahu Anda dapat dilengkapi dengan menambahkan siomay, kentang rebus, kol, telur, dan sayur pare. Modal usaha ini cukup terjangkau karena bahan-bahan yang digunakan mudah ditemukan di pasar.

5.Mie Aceh

Mie aceh juga menjadi peluang usaha kuliner makanan tradisional Mie aceh memiliki keunikan dari sisi hidangan yang berbeda dari mie lainnya. Mie aceh menggunakan bumbu rempan rempah yang kental. Penyajian mie aceh yaitu dengan cara digoreng dan direbus. Anda juga dapat menambahkan berbagai variasi daging di hidangannya.

6.Klepon

Klepon merupakan makanan asal Jawa Tengah, makanan ini sangat diminati oleh berbagai kalangan karena kelezatan gula merah di dalam klepon yang lumer di lidah saat dikunyah. Klepon merupakan kue dengan bentuk bola-bola lembut yang terbuat dari tepung pulut dan dibaluri parutan kelapa. 

Anda dapat memodifikasi dengan rasa-rasa yang modern. Jajanan pasar ini tidak hanya diminati karena rasa manisnya, namun karena praktIs untuk disantap saat sedang santai.

Keunikan Kuliner Makanan Tradisional 

1.Rasa yang Turun-temurun

Makanan daerah menjadi peluang usaha kuliner makanan tradisional karena sebagian besar menggunakan resep yang sama sejak dulu hingga saat ini, maka tidak heran bila rasa yang dihasilkan makanan tradisional masih memiliki cíta rasa yang khas.

2.Warisan Budaya

Makanan tradisional memiliki hubungan yang erat dengan kebudayaan. Biasanya makanan tradisional sering menjadi hidangan khusus yang menjadi ciri khas tersendiri di masing-masing daerah.

Hal tersebut membuat makanan tradisional Indonesia menjadi sangat istimewa dan menarik. Bisa dikatakan makanan tradisional merupakan warisan budaya yang diturunkan secara turun temurun dari masyarakat pada dahulu kala.

3.Proses Pembuatan dan Penyajian yang Alami

Setiap makanan dikatakan istimewa tidak hanya dinilai dari cita rasanya saja, namun juga proses pembuatan dan penyajiannya yang masih alami, sehingga membuat makanan tersebut terasa natural. Sebagian besar makanan tradisional Indonesia masih menggunakan cara turun temurun. Sehingga cita rasa yang dihasilkan pun tetap memiliki ciri khas yang unik dan tidak berubah.

4.Memiliki Filosofi

Setiap makanan tradisional Indonesia memiliki cerita tersendiri di balik bahan-bahan dan cara pembuatannya. Semua itu makanan tradisional mempunyai filosofi yang membuat semuanya terasa istimewa. Tentu hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat kuliner makanan tradisional, apalagi setiap daerah memiliki makanan khas yang filosofinya berbeda-beda.

Peluang usaha kuliner makanan tradisional menjadi usaha yang menarik. Hidangan tradisional menjadi bisnis yang berpeluang menguntungkan karena memiliki daya tarik dan cita rasa yang khas. Apabila Anda kreatif dan inovatif dalam memodifikasi makanan tradisional anda dapat menarik banyak konsumen dan bisnis kuliner Anda akan menghasilkan banyak keuntungan.